Review Samsung Galaxy E7 Handphone dengan 4G dan 13MP Kamera

Home » » Review Samsung Galaxy E7 Handphone dengan 4G dan 13MP Kamera
Pada seri E, Samsung merilis dua tipe smartphone, yaitu Samsung Galaxy E5 dan Samsung Galaxy E7. Yang akan kami bahas kali ini adalah Samsung Galaxy E7. Galaxy E7 sendiri merupakan smartphone Samsung yang menawarkan hardware kelas menengah dengan desain menarik berbodi metal. Bukan hanya itu, Galaxy E7 juga menawarkan beberapa keunggulan yang menambah nilai jual dari smartphone ini.

Desain dan Layar

Bodi Galaxy E7 dibalut dengan bingkai berbahan logam. Bagian sisi-sisinya masih terdapat lengkungan sehingga terasa nyaman saat digenggam. Slot SIM card dan slot micro SD ditempatkan di sisi kanan sejajar dengan tombol Power. Sedangkan tombol volume berada di sisi bagian kiri.
galaxy e7 sim
Di bagian belakang, seperti biasa terdapat satu buah kamera yang ditemani satu buah LED Flash dan speaker. Galaxy E7 mengusung desain unibody, penutup belakang dan baterainya tidak bisa dilepas. Port mini USB dan jack audio 3,5 mm ditempatkan di bagian bawah smartphone.
Layar yang dimiliki Samsung Galaxy E7 tergolong besar, yakni 5,5 inci. Dengan ukuran layar tersebut membuat Galaxy E7 bisa dikategorikan ke dalam phablet. Namun, walaupun dimensi bodi keseluruhannya tergolong besar, yaitu 151,3 x 77,2 mm, ketebalan bodi smartphone ini tegolong tipis, kurang dari 1 cm atau lebih tepatnya hanya 7,3 mm. Sementara bobotnya hanya 141 gram.
galaxy e7 bodi
Resolusi layar yang digunakan Galaxy E7 adalah 720 x 1.280 pixel. Sedangkan teknologi yang dipakai adalah Super AMOLED capacitive touchscreen dengan 16 juta warna. Hal ini membuat layar smartphone ini terlihat jernih dan tajam. Ditambah lagi kerapatan pixel layarnya cukup tinggi, yakni 267 ppi.

Sistem Operasi

Samsung membekali Galaxy E7 dengan sistem operasi Android 4.4 Kitkat dan user interface Samsung TouchWiz. Sistem operasinya tersebut sudah dilengkapi dengan fitur Easy Mode dan Private Mode, dan Power Saving Mode. Easy mode berguna untuk mengubah tampilan UI menjadi lebih sederhana, sehingga lebih mudah dioperasikan. Sedangkan Power Saving Mode berfungsi untuk menghemat penggunaan daya baterai.
galaxy e7 layar
Untuk konektivitas, Samsung Galaxy E7 dibekali dengan fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetoot versi 4.0, NFC, dan microUSB 2.0. Sementara untuk mengakses Internet, smartphone yang mendukung dual SIM car jenis nano ini dilengkapi dengan fitur konektivitas jaringan GSM dan 4G LTE. Perlu dicatat, fitur jaringan 4G LTE hanya terdapat pada Samsung Galaxy E7 dengan kode model SM-E7000 dan SM-E700F saja. Sedangkan untuk model lainnya hanya dibekali dengan jaringan GSM 2G dan 3G.

Hardware

Spesifikasi hardware yang digunakan Samsung Galaxy E7 tergolong ke dalam spesifikasi kelas menengah. Prosesornya menggunakan CPU Quad-Core Cortex-A53 berkecepatan 1,2 GHz dengan chipset MSM8916 Snapdragon 410 dari Qualcomm. Sedangkan untuk tampilan grafisnya, Galaxy E7 mengandalkan GPU Adreno 306 yang didukung dengan kapasitas RAM sebesar 2 GB.
Spesifikasi di atas dinilai sudah lebih dari cukup untuk menunjang kebutuhan mobile sehari-hari, seperti browsing internet, chatting, sosial media, bermain game, mendengarkan musik, atau menonton video. Untuk menonton video, hardware-nya mampu memutar video beresolusi HD atau bahkan full HD dengan lancar. Samsung menyediakan media penyimpanan internal pada Galaxy E7 tergolong lega, yakni 16 GB. Jika masih kurang, memori internalnya itu bisa diperluas micro SD hingga kapasitas 64 GB. Untuk kebutuhan daya, baterai yang digunakan Samsung Galaxy E7 termasuk besar, yaitu 2950 mAh. Baterainya tersebut mampu bertahan hingga 18 jam pada mode bicara dan 88 jam jika hanya digunakan untuk mendengarkan musik.

Kamera

Untuk kebutuhan memotret, Samsung Galaxy E7 dibekali dengan kamera yang tinggi. Di bagian belakang, terdapat kamera dengan resolusi 13 MP yang dilengkapi dengan satu buah LED Flash. Kameranya ini mampu menghasilkan gambar dengan ukuran maksimal hingga 4128 x 3096 pixel. Sementara untuk merekam video, kameranya menghasilkan video berasolusi 1080p dengan 30fps. Agar hasil jepretannya lebih optimal, Samsung juga menambahkan fitur Autofocus, Touch Focus, Face Detection, dan Panorama.
galaxy e7 kamera
Di bagian depan, kamera yang ditanamkan beresolusi 5 MP. Kamera depannya itu mampu untuk memotret selfie dengan hasil yang baik dan minim noise. Gambar yang dihasilkan kamera depannya berukuran maksimal 2576 x 1932 pixel.

Harga Samsung Galaxy E7

Dengan sederetan spesifikasi tersebut di atas, harga Samsung Galaxy E7 saat ini di Indonesia berada di kisaran harga Rp 4.475.000. Smartphone ini tersedia dalam pilihan warna Black, White, Brown, dan Blue.
.
Share this article :